Rabu, 18 November 2015

Tersenyumlah wahai Indonesiaku :)




Hallo! 

Udah hampir  satu tahun setengah saya hidup *lebay* dan belajar di Social Class (SMA kelas 2) dengan segala perbedaan materi dengan anak IPA. Social Class punya Geografi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, dan pastinya lebih banyak mempelajari tentang lingkungan sosial. Hubungan antar manusia....

Well, so far pelajaran fav saya itu Sosiologi :D. nggak tau kenapa ya, mungkin secara nilai, yang masih bisa saya perjuangkan itu sosio.. wkwk. kok jadi curhat. Mungkin karena gurunya Miss Aster, (tambah poin miss, wkwk) ya..  mungkin karena saya termasuk tipe orang yang suka dengan studi kasus gitu deh. 

Yaps, dari pelajaran favorite kita masuk lebih dalam lagi.. Materi favorite! Well, kalau kalian punya buku esis sosio ada tuh guys materi Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural (lengkap banget nih ngasih taunya! :D). Boleh di buka lagi, dibaca-baca.. search di google. terserah deh ya.. Soalnya itu seru banget guys:)

Serius! mulai buka sub bab nya aja.. langsung kebayang.. IN-DO-NE-SI-A dengan segalaa ragam budayanya! Dari sabang.. sampai Marauke.. Keren! Tapi di sini kita nggak cuman belajar bagus bagusnya nya aja.. asal banyaknya aja.. tapi karena yang 'banyak' itu bisa aja atau pasti bakal nimbulin berbagai konflik juga, ya kan? 

Nah jadi kita bisa tau tuh apa aja sih faktor-faktor yang menyebabkan banyak terjadi konflik dan gejolak khususnya di Indonesia. Penting buat kita tau nih guys, menurut Bapak Parsuadi Suparian salah satu faktor gejolak bisa tejadi justru bukan karena perbedaan kebudayaan, tapi karena adanya individu dan kelompok yang bersaing untuk merebutkan sumber daya. yang awalnya ngira konflik terjadi hanya karena Indonesia itu beragam banget, jadi susah nyatunya! lebih dibenerin aja lagi persepsinya, banyak kalau berkualitas itu anugerah :D tapi kalau banyak nafsunya nggak bisa dikendaliin.. itu yang masalah. Dan belakangan ini kita sebagai pemuda pemudi Indonesia *asik* boleh sedih dengan semakin tak terkendalinya SDA dan SDM di Indonesia guys. jadi banyak konflik deh.. apalagi konflik di Indonesia itu klise dan mengakar. bikin pusing ya? 



Kita udah tau beban hidup Indonesia itu berat guys. Plis jangan ditambah! dengan kita yang ngutamain ego, males belajar, ngerusak alam, pergaulan bebas yang nggak jelas.. tawuran.. (no offense ya) 

Kita harus lebih peduli. sedikit ... aja.. 

kita sebagai anak Indonesia nggak mau kan negerinya sendiri gini-gini aja atau bahkan lebih parah... kita pasti percaya kalo setiap masalah ada solusinya.. berhubung dengan Indonesia yang masyarakatnya bejibun. sedikitnya kita dapat berkontribusi untuk Mewujudkan Masyarakat Multikultural. ''lah Indonesia kan emang masyarakat Multikutural?"

Tunggu dulu guys.. Kita simak apa sih Masyarakat Multikultur itu?


Secara sederhana, masyarakat multikultural dapat dimengerti sebagai masyarakat yang terdiri atas beragam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda (Golongan, suku, etnis, agama, ras, dll).  - Halaman 96-


So? Multikulturalisme nggak cuman banyak aja (kemajemukkan) tetapi juga kesederajatan antarperbedaan. Kesederajatan dalam perbedaan merupakan jantung dari mulkuturalisme. dari itu saya tau, bahwa multikultural nggak sama dengan masyarakat majemuk.

Nah kira-kira menurut kalian Indonesia masuk kemana?


Selama kalian menganalisis... :D udah jelas sih sebenarnya. Di multikultural ini masyarakat yang berbeda dapat saling menghargai sehingga kehidupan yang harmonis pun terwujud.. gitu guys :') ketika kita paham konsep multikultural ini, seenggaknya timbul kesadaran-kesadaran yang akan memberikan peran yang tak hanya memikirkan generasinya, tetapi juga mampu mewariskan yang lebih baik untuk generasi yang akan datang .. :)



Enakkan rasanya kalau tercipta hubungan yang harmonis antar masyarakat , saling menghargai, saling mencintai, saling memberi, dengan begitu dapat digali kearifan budaya yang dimiliki oleh setiap budaya. khususnya kita nih yang ada didalam negeri, udah banyak temen-temen kita diluar sana yang sudah berkontribusi untuk membangun negeri kita tercinta ini .. 



Tersenyumlah Indonesia,
Karena  masih banyak yang peduli

foto indonesia terbaik 5

Tersenyumlah Indonesia,
Karena engkau itu beragam dan menyejukkan

exploring indonesia foto 3

Tersenyumlah Indonesia,
Karena engkau sebenarnya kaya




Tersenyumlah Indonesia,
Karena kami ada.

Mari merangkai senyum tuk Indonesia :)



Tersenyumlah 
   wahai Indonesiaku :)  









0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template