Kamis, 02 April 2015

Jelajah Kampus Day - 1


Hello Guys,!

Sebelumnya saya pernah nge-post tentang bedah buku “jacket syndrome” oleh kak Robbani Alfan disini.  Nah, jadi ada program seru yang diadain sama kak Robbani Alfan.  Namanya “Jelajah Kampus”. Ini bisa dibilang langkah kecil yang membawa perubahan besar sih sebenarnya supaya kita nggak salah jurusan :) . Ini sebuah action dari buku jacket Syndrome. “Menjelajahi setiap sudut calon kampusmu biar makin yakin dan semangat! Percaya kan, kalau jodoh itu harus didatangi dan bertemu dulu?”  ;)

Jadi dalam tour ini kita akan menjelajahi 4 kampus yang berada di 2 kota guys! Pertama, Universitas Indonesia (UI) yang ada di kota depok. Kedua, ada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Teknlogi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (UNPAD) yang ada di Kota Bandung. (yuhuuuu bandung xD)

Saya memang agak excited sih sama yang namanya bandung, Why? Karena bandung terkenal  khususnya anak-anak mudanya kreatif  dalam hal-hal positif :) dari mulai baju-baju sampai musik, nasheed indie juga banyak dari bandung :D disamping banyak tempat shopping dan cafe juga sih :D hehe..

Well, tour ini dimulai dari 23 Maret sampai 24 Maret 2015!! Dan akhirnya hari-hari yang ditunggu tiba jugaa.. huuuuu *gayaindovidgram* . sebagai anak boarding, jujur gue (juga temen-temen gue) harap-harap cemas menunggu 2 hari ini. Karena kapan lagi bisa jalan-jalan keluar ceem xD wkwk .. karena kalau liburan pun waktunya sempit untuk jalan-jalan atau sekedar hang out bareng temen SMP. Karena  kita liburan bawa oleh-oleh juga, alias PR.


Peserta jelajah kampus part 2 ini bakal di meriahin sama anak ceem  xD karena seluruh pesertanya dari ceem (atau CM, atau CMBBS, terserah lah ya) ada 14 santri-santri xD  dan salah satu diantaranya ikhwan.  plus pendamping dari guru BK ceem juga. Saya sendiri masih kelas 1 SMA jurusan IPS di cm. Serunya anak X IPS yang ikut lumayan banyak,  ( nggak tau deh kelas jadi sesepi apa tanpa kita, haha *justkidd ) jadi kita bisa survey kampus, Fakultas, dan prodi bareng-bareng :D karena nanti akan dibagi ada rombongan IPA/MIA dan IPS/IIS. 

Location : ITB
Tepat seminggu sebelumnya, kita udah di briefing dulu sama kakaknya, kita juga udah dikasih tau rencana  kita akan berangkat  jam 4 pagi! Itu artinya minimal kita setengah jam sebelumnya udah siap-siap, sedangkan kita masih kebawa lelahnya acara PPDB 2015. Jadi taulah ya jam segitu kita masih ngapain :D.  Alhasil kita berangkat jam setengah 5 lebih :D.  Dan.. Bismillahirrahmanirrohim, kita caw dari pandeglang menuju depok.

Hm... perjalanan itu sekitar 4 – 5 jam. Karena hari ini hari senin jadi kita berangkat pagi menghindari macet dengan orang yang berangkat kerja. Di travel kayaknya kita semua melanjutkan mimpi kita masing-masing guys :D sekitar jam 9.00 atau 10.00 WIB  *jengjengjeng...* kita sudah ada di kawasan Universitas Indonesia! Ada mahasiswa/i dan bis kuning (bikun) yang biasa digunakan mahasiswa UI.

Sebelum kita mulai penjelajahannya, kita kumpul dulu di masjid UI, tepatnya di kantin depan masjid UI sih :D sambil menunggu Guidenya juga.. guidenya langsung dari kakak-kakak mahasiswa UI. Lanjut deh dengan pembagian rombongan. Di rombongan IPS ada saya sendiri (icha), Ajeng, Ai, Ainaya, Haliza, dan walaupun alakh bagas jurusan IPA di ceem, ternyata dia ikut ke IPS, mau sastra bahasa katanya. ( ya boleh boleh asal jangan ngembil jatah anak ips ya, hehe ). Nah sedangkan 2 rombongan yang lain adalah anak-anak IPA.

Kita bersama Guide Kak fatimah dari Menejemen (lupa menejemen apa)  akan menjelajahi seputar fakultas psikologi, menejemen, komunikasi, bahasa, hukum, ya pokoknya yang tentang ips tau lah ya. Well, kita udah siap menjelajah, menyamar jadi mahasiswi UI :D Let's go on the journey!


Yang menjadi tujuan kita pertama adalah perpustakaan UI, (perpus  ini udah terkenal banget emang ) ini bukan yang pertama kalinya saya ke UI, perpus UI memang unik, kita disambut sama sturbucks dan teman-temannya :D waktu saya kesini juga banyak sih orang-orang korea, karena ada resto korea juga disini. Sambil menjelajah kak fatimah menjelaskan banyak tentang UI dan kita bebas nanya apa aja kok ke kakaknya.


Nah, disini kita diajarin mencari semacam jurnal gitu, sayang saya lupa link websitenya, nanti tanya aja ya sama yang anak UI :) as usual, kita log in dulu dan kita mencari jurnalnya pakai keyword. Dan rata-rata semuanya itu pakai bahasa inggris. Jadi mau ekonomi, hukum, dokter, kuasain banyak-banyak deh kosa kata bahasa inggrisnya. Dan jurnal yang masuk di website itu yang sudah diuji sama prof-prof dibidangnya. Jadi nggak sembarangan..


Selanjutnya kita menuju ke... Perpustakaan UI! Disini ada 4 lantai dimana salah satu lantainya ada tempat hasil skripsi-skripsi gitu guys. Oiya masuk ke perpus UI bisa buat umum kok, nanti kita registrasi dulu.  Warna jilid-an skripsinya warna warni sesuai jurusannya, banyak dan rapih banget! Sempet berhenti di satu skripsi, judulnya pokoknya tentang jodoh-jodoh gitu, lucu deh ;D Ternyata punya anak psikologi, katanya judul skripsi anak psikologi itu unik-unik beda  sama hukum, hukum mah normal-normal aja. :D


Judul boleh unik-unik, tapi pas saya coba baca-baca isinya, ternyata nggak se-lucu judulnya, tetep aja guys,  rumit juga. Ya namanya juga karya tulis mahasiswa :) Harus lebih dalam dan luas lagi. 



Setelah ini kita ceritanya mau lunch di kantin FIB, Dan katanya kantin ekonomi dan apa gitu itu tuh mahal-mahal gitu, ternyata setiap kantin fakultas itu beda-beda ya :D sebelum kita makan, dsamping view jembatan texas, kita ngobrol-ngobrol dulu sama Kak Adit dari jurusan ilmu pengetahuan Budaya, tapi namanya bukan FIPB, cukup FIB :D. Disini kita ngobrol banyak banget tentang kuliah, jurusan bahasa, dan seputar IPS. Ternyata yang merasakan “nangis bombay” masuk IPS itu nggak cuman saya doang ;D Yang ngebet masuk IPA, yang down masuk IPS, yang akhirnya harus menyisihkan sebagian mimpi-mimpinya alias kandas ditengah jalan gara-gara masuk IPS itu banyak.
Justru disini, saya semakin sadar bahwa bukan sesuatu yang buruk kalau kita jadi anak IPS. Nggak ada salahnya kok kita masuk jurusan IPS ataupun IPA asal kita memang suka :). Karena ketika kuliah kita belajar lebih dalam lagi, kalau nggak enjoy ya susah. Ngobrol sama kak adit tentang IPS dapet banget kemistrinya, wkwk ketawa terus deh saya denger kisah beliau. 

Kalau kak adit dulunya mau banget masuk teknik, tapi karena masuk ips. Yasudah beliau  ikhlaskan.. dan justru sekarang beliau ada di FIB, sastra indonesia.. yang kebanyakan orang bilang “belajar apaan sih kuliah sastra”. Dari cerita beliau saya jadi tau di jurusan bahasa itu ngapain aja, dan kerjaannya ya nggak harus jaga perpus. bagian dari prodi sastra bahasa indonesia juga ada yang menganalisis novel-novel jadul, ujiannnya juga beda sama jurusan lain kayak hukum, dll. Disaat yang lain sibuk belajar, anak bahasa ya belajarny pas hari-H aja katanya, :D karena ujian mereka itu materinya dinamis. Menganalisis bahasa . Tergantung dengan sebanyak apa yang kalian baca, yang kalian tau, dan yang kalian tulis.

Dan setelah saya tanya tentang rohis, ternyata beliau ketua rohis tahun lalu! Keren ya  :D


Terus kita ke kelas internasional nya gitu.. adem banget guys, beda sama yang lain!. Hahah yaiyalah ya.

Pas kita di FEUI, kita ketemu Ukhti Iena, alumni SMAN CMBBS angkatan 4. Seneng deh kalau bisa ketemu alumni, karena pasti kita langsung flashback tentang ceem bareng-bareng :D  ini tahun terakhirnya dan rencana mau ke jepang. Uti Iena anak menejemen marketing – UI. Boleh juga kita serbu pertanyaan ;D




FEUI
Disini pokoknya kita bisa ngerasain naik bikun, masuk kelasnya, tau fasilitasnya, gedung-gedungnya, mahasiswa/i nya, jam belajarnya, kantinnya, dll. Dan ternyata beberapa hal itu ada filosofinya ya, contohnya pohon tumbang yang ad di UI, taman firdaus yang nggak tau kenapa dinamain itu, dan masih banyak lagi!



Lumayan juga ngelilingin UI yang padahal ini baru sebagian..

Thank you so much buat kak Fatimah dan kak Arga yang  sudah meluangkan waktu, ajak kita menjelajah setiap sudut Social Area :D,  ngasih tau kita tips dan info tentang UI. Sukses buat skripsinya! Juga buat Ukhti Iena. Boleh ya nanti kalau mau nanya-nanya Anyhting about Menejemen and Hukum :D Keep Contact. 

Location : Jembatan Texas UI


Sukses menjelah UI, kita langsung menuju kota bandung. Menuju penginapan...
Dinner malam ini berasa istimewa, karena biasa makan di math’am (tempat makan di boarding) But Now, yeay~ Kita makan malem di Summo Ramen Bar bareng alumni-alumni ceem lagii... :D
Say Good nite Bandung :”)










                                                  also read :  Jelajah Kampus Day - 2



                                                                                             Keep Inspiring, 



                                                                                              Khairunnisa Azzahra
                                                                                              (Maskan 107, 25 – 03 – 2015)


2 comments:

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template