Senin, 02 Februari 2015

Latar Belakang






Post ini untuk tugas karya tulis ilmiah sosiologi :) " Media Sosial sebagai Media Dakwah Dalam Generasi Menunduk"

-----------------------------------------------------------------------------

Di era berkembang pesatnya teknologi informasi dan semakin bertambahnya pengguna media  sosial khususnya di Indonesia, memberikan dampak yang cukup besar dalam perubahan pola hidup masyarakat. Tak dapat dipungkiri media sosial memang menyajikan berbagai macam informasi mulai dari politik, ekonomi, hiburan, lifestyle, hingga kuliner dapat diakses dengan cepat melalui internet.

Dengan media sosial ini manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun. Nampaknya kemudahan memperoleh informasi dan berkomunikasi ini telah menjadi salah satu gaya hidup yang sulit dilepaskan, khususnya bagi kaum muda. Tak heran muncul istilah ‘Generasi Menunduk’, di mana mereka adalah orang-orang yang gemar memanfaatkan gadget untuk meng-update informasi tiap jam bahkan menit.

Kebebasan menggunakan media sosial seperti twitter tak sedikit menimbulkan efek negatif, seperti saling memfitnah, penculikan, timbul kesalah pahaman, akibat terlalu asyik ‘menunduk’ sehingga mengurangi kepedulian sosial dan kurangnya berinteraksi dengan lingkungan, atau lupa terhadap kewajiba-kewajibannya dan sebagainya. Tetapi tidak selamanya media sosial mengakibatkan dampak negatif, jika kita dapat menggunakannya dengan bijaksana, selektif, dan bertanggung jawab.

Ternyata media sosial juga menyimpan berbagai manfaat, contohnya saat ini sedang maraknya media sosial seperti facebook, blog atau website, youtube, e-mail dimanfaatkan sebagai media dakwah. Berdakwah di bidang twitter juga tidak ketinggalan. Berdakwah via twitter sudah dilakukan banyak da’i, pesan-pesan pada kicauan para da’i di twitter sangat beragam dan lebih kompleks sesuai dengan masalah-masalah masa kini.

Maraknya akun-akun dakwah di twitter mengusik penulis untuk melakukan penelitian apa sebenarnya dampak positif dan negatif dari dakwah melalui media sosial salah satunya twitter. Juga seberapa efektif melakukan dakwah via twitter. Dengan penelitian ini diharapkan memberikan informasi mengenai fenomena media sosial sebagai media dakwah di dalam generasi menunduk.




0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template