Jumat, 06 Juni 2014

Mentoring itu.....

Hmm... tulisan ini sebenarnya aku dn salah satu temenku buat ketika kelas 8 smp, di Sekolah Menengah Pertama plus Baitul Maal. Tulisan ini sebenarnya memang 'gantung' alias belum selesai, karena kita buatnya untuk memenuhi syarat mengikuti acara ROHIS MENJAWAB TANTANGAN di bandung di sekolah boarding, ehh entah mengapa hanya tersimpan di document :') hehe. ini perasaan syukur kami karena kami telah mengenal apa itu mentoring, rohis, islam. yang akhirnya kami sadar, kami hanya makhluk bodoh yang tak tahu apa-apa, sedangkan Allah adalah yang Maha Segala-galanya. pengetahuan kami tentang islam masih dangkal, yang seharusnya diusia kami ketika dulu sudah hafidz Al-Qur'an, menghafal beribu2 hadist, ataupun memimpin pasukan perang. inilah kami, generasi 'Z' yang ingin teruss memperbaiki diri untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T, untuk itu kami perlu lingkungan, teman, yang saling mengingatkan jika kami mulai "belok". inilah Mentoring, Tarbiyyah Islamiyyah. Jujur, setelah aku mengalami "Hardship" khususnya disekolah setelah mengalami perjalanan panjang, akhinya aku JATUH CINTA SAMA ISLAM, Allah itu ternyata baik banget sama kita :') Upgrade terus imanmu! ^^ SEMANGKA (Semangat Karena Allah)



Mentoring itu......

Assalamu’alaikum Sobat Rohis dimanapun kau berada :D Perkenalkan, kami adalah segelintir anak muda yang udah ngerasain lezatnya mentoring! Yap, kami dari salah satu grup mentoring yang ada di Sekolah Menengah Pertama  Islam Plus Baitul Maal, namanya Muslimah Of Heaven biasa disingkat Move. Kami terdiri dari 10 akhwat ( ada Icha, Nida, Syafiah, Fathin, Alya, Fia, Azza, Tsabita, Arina , juga Tisha. ) dan 1 Kakak Mentor yang baik sekali :’) Sebenarnya Kami sudah 2 kali ganti kakak mentor, jadi ini yang ke-3. Namanya Kak Ratih, tepatnya isteri dari Kak Malique. Dulu, ada Kak Endang dan Kak Lila. Mereka juga telah mewarnai mentoring kami, namun karena kesibukannya, mereka mengamanahkan kami dengan Kakak Mentor yang baru.
Kami terbentuk ketika baru masuk kelas 7 di SMP BM ini, tepatnya 10 Maret 2011. Berarti... Sudah sekitar 2,5 tahun kita bersama.. menjalin ukhuwah, menemukan hikmah yang bertebaran dijalan ( karena kami suka banget travelling, hehe ), mengetahui apa – apa yang sebelumnya kita nggak tau, pokoknya dalam suka dan duka kita usahakan jangan sampai ada jarak diantara kita. Kita juga saling menyemangati kalau ada salah satu anggota yang mulai redup (futur) dalam mentoring. Intinya dakwah itu merangkul, bukan malah mengasingkan :)
Kami pun bangga sekaligus bersyukur, dapat mengenal mentoring atau ROHIS di umur yang terbilang masih muda. Terbukti kalau kami jalan-jalan ke suatu tempat / acara banyak yang baru tau setelah berbincang singkat, ternyata kami ini masih SMP. “Oooh.. ini anak SMP, kakak aja baru tau ROHIS pas Kuliah.” Sambil mengukir garis lengkung di bibirnya.
Oiya kami juga berusaha aktif di sosial media ( seperti twitter juga facebook ) dan berusaha berbaur dengan akun dakwah lainnya. Ya walaupun kami masih SMP, tapi jiwa semangat kami untuk bergabung dengan akun dakwah lainnya sangat besar. Bukan karena untuk meraih ketenaran, tapi karena ingin memperjuangkan kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk mesyiarkan syariat islam dengan seutuhnya. Dengan begitu, bukannya kami orang yang paling benar atau paling tau, kami juga sambil belajar dengan apa yang kami sampaikan. Aku, kamu, dia, mereka, dan kita semua terus dan sedang belajar.
Awalnya, diantara kami ada yang ogah-ogahan mentoring, ada yang terpaksa, ada yang ikut-kut aja walaupun ada juga yang semangat! Semangat ngumpul aja bareng temen-temen .. :D Ya sama seperti anak-anak lainnya, masih belum tau tujuan mentoring ini sebenarnya apa. Tapi semakin kesini, kami sadar bahwa mentoring itu emang asyik! Sebenarnya, asyik engggaknya mentoring tergantung kitanya.. bagaimana kita mengelola mentoring itu sendiri. Karena sebenarnya mentoring itu nggak cuman duduk ngelingker genggam Al-Qur’an, atau sampe mata merem gara-gara dengerin kakaknya memberikan materi sampai berbusa... buang jauh-jauh deh presepsi kita yang kayak gitu terhadap mentoring! Yang benernya nih.. di mentoring itu ada rihlah atau jalan-jalan, ryadoh atau olahraga, masak-masak, Home Visit, Curhat, Sepedaan, ikut Seminar, BAKSOS, Nonton Film islami, ataupun.... ikut acara ROHIS seperti ini. YUK ikut MENTORING, LIQO, atau apapun namanya, yang penting kita tetap SATU! SATU MISI, SATU VISI, SATU UMMAH :)



0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template