Minggu, 29 Juni 2014

Menghadapi UN di SMPIP Baitul Maal :')

( Alhamdulillah, aku dapat kembali ke blog ini :”) akhirnya ada waktu yang pas, yaitu disaat usai wisuda beberapa hari yang lalu, sekarang saatnya kita kembali bersua ^^)

Ya, ini UN keduaku selama hidupku ini :D Dalam status pelajar SMP Islam Plus Baitul Maal.
Dan yang kurindukan adalah... menulis. Menulis apapun yang ku ingin share melalui blog ini, entah kapan terakhir aku menulis disini, yang jelas ini semua karena kesibukan di kelas 9, aku memilih fokus di kelas 9 dulu :) ya.. pasti semua pelajar pernah merasakan kesibukan yang sangat amat ketika di akhir-akhir kelas – mau kelulusan – ada banyak tugas yang harus diselesaikan. Ujian Sekolah Teori, Ujian Sekolah Praktek, Tugas Akhir, Setoran Hafalan Al-Qur’an, dan yang nggak kalah pentingnya, survei sekolah, daftar sekolah, dan menghadapi Ujian Nasional, ya mempersiapkan itu semua.

Jenuh? Lelah? Itu pasti. Kami semua kelas 9, sempat jenuh di tengah-tengah perjuangan kami. Disitulah yang namanya Ukhuwah Islamiyah berperan (persahabatan, saling menyayangi karena Allah SWT yang ditanamkan oleh smp bm kepada setiap muridnya) “Kita Pasti Bisa! Allahuakbar!” “Ayoo Semangat kawan!!” “Jangan sedih, Allah bersama kita” “In sha Allah, Allah pasti memberikan yang terbaik untuk kita, Semangatt teruss!!” “Saling mendoakan yaah..”

Kira-kira seperti itulah kata-kata yang terlontar dari masing-masing kami, mungkin nanti masa-masa seperti itulah yang kami rindukan. Masa-masa diamana kami “stress”  ( karena banyak hal) lalu saling curat, lalu lagi saling menguatkan :”) saling mengingatkan Allah bersama kita.

Kembali lagi tentang UN, hmm.. sebenarnya aku juga bingung mau membicarakan UN ini :D hal yang menurutku kontroversial ya ;D Setiap tahun. siswa-siswa khawatir, orang tua khawatir, bahkan sampai menteri pendidikannya pun stress. UN, Ada yang setuju, ada yang menentang. Alhamdulillah, bersyukur sekali di sekolahku lingkungan sangat kondusif, sama sekali tidak memikirkan untuk mencontek, kami berdoa, berusaha sekuat tenaga, belajar, menempel kata-kata motivasi, minta doa orang tua dan guru, meminta maaf ke teman.. lalu menyerahkan diri (hasilnya) kepada Allah SWT. 

Kami percaya, Jujur itu adalah segalanya, islampun sangat menjunjung tinggi kejujuran, bayangkan nilai yang tertera di ijazah hasil dari mencontek, apakah berkah hasilnya? Sedangkan itu dibawa seumur hidup. Naudzubillah..
Gerakan anti UN sudah ada, pendapat pro dan kontra UN juga sudah sangaaaaattt menjamur, dari rakyat biasa sampai penyayang2 anak terkenal, dll. Efeknya apa ya? Baca berita sih... menteri pendidikan tetap ingin UN itu ada, walaupun banyak yang mencerca.

Lepas dari itu semua dulu, kan sekarang aku SMP, aku berusaha inget-inget.. gimana sih.. dulu perasaannya pas mau UN, walaupun udah lupa :D Tapi yang aku tau, sama sekali nggak beban, nggak mikirin atau bandingin sama nilai temen-temen nantinya, nggak mikirin SMP nanti mau dimana, nggak mikirin macem-macem deh, cuman belajar, yakin, doa, terus jalanin aja..

Beda banget setelah aku menduduki bangku SMP -_- apalagi SMA nanti ya..(?)  sekarang, masang target, memporsir belajar, pusing nantinya lulus apa enggak, kalau lulus nilainya sesuai target nggak, kalau lulus nilainya pasti kebanding deh sama temen-temen dan kalau kecil pasti malu, dan yang ngak kalah penting, soal masa depan! SMA dimanaaaaa.... ._. kalau SD dan SMP ku ini memang satu sekolah :D jadi kayaknya nggak perlu pusing-pusing tinggal jalanin aja. Maklum, pas SD kayaknya masih polos banget -_-‘’

PERSIAPAN UN
Alhamdulillaah.. sekolah selalu mengingatkan kami tentang agama, tentang Allah :) Jadi kami in sha Allah tenang, karena kami yakin, Allah selalu bersama kita. Intinya jujur nomor 1, sesuai 7 prinsip yang kami ikrarkan setiap masuk sekolah. Selain ibadahnya yang dikencengin menjelang UN, selain diadakan relaksasi dan motivasi oleh motivator, selain doa bersama dimasjid, lalu meminta maaf ke temen, guru, dan orang tua. Kami juga menempel kertas motivasi didepan loker masing-masing, terseraah kata2 nya apa aja, pokoknya yang bikin kita semangat :) kayak gini nih ..








KETIKA  UN
Jujur aja.. jauh sebelum UN, ada sih rasa grogi atau deg-degan, tapi alhamdulillahnya bisa cepat diatasi. entah mengapa.. ketika Hari-H UN, tepatnya 4 hari itu, aku stress berat:( aku khawatir pokoknya sampe nangis-nangiss.. wkwk mungkin ada banyak faktor: kebetulan habis pasang behel, teruss sakit banget akibat kawatnya plus ada sariawan gedeee banget dan itu bener-bener bikin sakit, pokoknya lumayan parah.. terus lagi pms jugaa.. truss lagi mempersiapkan masuk sekolah SMA jugaa.. belajar psikotess terus terusan.. truss masih belajar juga buat UNnya, jadinya..:( nggak fresh gitu pas ngerjainnya.. jadi saran buat yang mau UN :D mending jangan belajar pas hari-H un, cukup kuatin mental, fisik, refreshing, jadi belajarnya dari dulu udah sungguh-sungguh :’D

PENGUMUMAN UN
Detik-detik pengumuman hasil UN, Sekitar 10 menitan, di masjid ulul albab. aku cemas sekali sampai-sampai aku berdoa ya Allah tolong kuatkan kalau seandainya hasil nilai Unku kecil, ketika ditanya prediksi berapa aku jawab diatas 35 .. dan ternyata yang tertinggi di sekolah 36,5 .. langsung malu dalem hati.” Kalau yang tertinggi aja segitu. Gimana aku .. “ yaudah selama prosesi sakral pengumuman UN itu, cuman bisa deg-degan bareng temen :D PLUS berdoa terus tolong kuatkan ^^ karena kan sebenarnya hasil nilainya sudah ada di kertas yang dibagikan oleh guru.
Dan.... Alhamdulillaah ya Allah langsung sujud syukur, ternyata yang tertinggi adalah aku. Alhamdulillah sekali lagi, nggak nyangka aja,sebenarnya sedih karena jauh dari target, tapi... kita harus menysukuri atas segala apa yang Allah tetapkan. Alhamdulillah juga mtk dapet tertinggi :D padahal banyak salahnya K tertinggi disekolaah sih.. hehe

Mau ngucapin selamat yaa buat A.7 Kita lulus100% dan jujur, Alhamdulillah, selamat juga buat zahra yang tertinggi b.indo. Buat arina tertinggi IPA, buat Abyan tertinggi mtk, buat tsabitaaa! Yang b.ingnya 10 :D Selamat yaa buat semuanya A.7 sukses terus buat kedepannya!, very proud of all of you. Jangan lupain Allah, jangan lupain aku jugaa. hehe

                                                                KONTROVERSI UN


Hmmm... kalau bicarain ini, bener-bener deh, saya nggak habis pikir. pikir nggak habis-habis ;D HEHEHE 

memang, INDONESIA masih sangat progress.. jika dibandingan negara maju yang pastinya sistem pendidikannya jauhh lebih teratur dibandingkan indonesia. 

pendapat pro UN, Kontra Un, sudah sangaat menjamur, membuat saya kesal dan geram ._. sudah berapa tahun UN diselenggarakan, dengan konflik yang sama, walau metode nya terus terus diubah setiap penggantian pejabat. pejabat ganti, sistem pendidikannya juga berubah. terus dicoba coba .. 

sampai sudah ada gerakkannya loh tolak UN, lihat blog >> tolakujiannasional.com 

dan saya kaget disitu ternyata ada soal yang memang saya sama temen-temen kebingungan, lebih tepatnya soal MTK yang ada perahunya itu loh :| ternyata itu soal internasional, kopiket pula .. 

saya, sebagai siswa, sebagai murid,sebagai manusia yang langsung merasakan sistem pendidikan ini. 
Hm... saya memang tidak bisa 100% menolak, (walaupun dampak dari UN ini diluar sana sangaaatt parah parah sekali )

 jika UN bertujuan untuk memajukan bangsa indonesia ? apakah setalah 10 tahun un diselenggarakan, apa dampaknya? 

UN untuk meratakan pendidikan di indonesia? begitukah???

UN ingin diselenggarakan melalui online?? LISTRIK saja ada yang belum menyentuh beberapa desa di indonesia.. tidak terkecuali papua.

beberapa kepala sekolah SMA di Papua berangkat dengan berjalan kaki selama satu hari, dilanjutkan dengan naik sampan menyusuri sungai selama setengah hari, lalu lima jam lagi naik bus agar sampai ke ibukota kabupaten, hanya agar dapat mendaftarkan siswanya mengikuti SNM PTN 2013 melalui jalur on line. Nasib sedang apes, jaringan internet di ibukota kabupaten sedang ngadat. Rasanya mau menangis mendengar kisah ini." 

Membicarakan masalah pendidikan, berarti berbicara tentang NASIB negeri ini, MASA DEPAN negeri ini. karena hasil PENDIDIKAN adalah POLA PIKIR, dan KEKAYAAN NEGARA, baik itu SUMBER DAYA ALAM, SUMBER DAYA MANUSIA. itu semua hanya bisa berguna, dapat maju jika ada yang mengelola. tentunya yang mempunyai pola pikir yang baik.

jika tidak ada UN? maka akan digantikan dengan apa? bagaimana dengan kelanjutannya?

UN sangat berguna!
jika semua yang ngerjain jujurr
UN sangat berguna!
jika membuat banyak pelajar makin pinter, bukan pinter otak, tapi dalam mengambil tindak
UN sangat berguna, jika makin banyak yang menyadari berharga dan mulia dari sifat jujur, bukan malah memperdalam dan merumitkan kecurangan dimana-mana

mengapa makin banyak tindak kecurangan?? bahkan sampai pejabat negara?


UN sangat berguna.... sangat berguna, jika langsung ada penanganan. UN dijadikan standar dari setiap daerah dan intropeksi lalu improve." mengapa dipapua nilainya segini? mengapa di bali segitu? "
Bukan untuk standar kelulusan nasional, dengan skolah yang berbeda, guru-guru yang berbeda di setiap sekolanya, dengan lingkungan yang berbeda beda, ditambah lagi dengan paket-paket UN yang berbeda beda disetiap siswa. siapa yang menjamin, disetiap kertas tingkat kesulitannya sama?


Tapi kawan, inilah kewajiban kita, kita sedang berada di suatu sistem, maka kita harus ikuti jalannya, ulil amri ibaratnya, harus taat pada pemimpin. 
jadi.. yang mau UN, jalani saja dulu :D anggap saja ini ujian dari Allah, minta pertolongan kepada Allah, bukan pada manusia! (dengan contekan) itu bukan sikap muslim banget :'( kalau nyontek terus, gimana kita mau maju?.. 

jangan belajar banget ketika hari - H UN, itu malah bikin stress-_- saya udah coba :D lebih baik belajar sungguh-sungguh dari awal dan continued :)

dan menurut saya, jika dilihat dari keseluruhan hidup ini,UN Itu hanyalah bagiaan kecil. sangat kecil... tapi entah bagaimana jika kita tidak lulus UN ._. 

ingat, tujuan kita sesungguhnya ialah SYURGA, dan syurga takkan bisa diraih tanpa RIDHO ALLAH, maka buatlah prilaku yang membuat Allah ridho dengan kita.jujurlah dalam segala hal, ridhoi aturan2 Allah dengan menjalaninya dengan suka cita, rasa gembira, maka in sha Allah, Allah akan meridhoi perjalanan hidup kita. Terus semangatt pelajar diseluruh indonesia!! kamu nggak sendiri, kita sama-sama sedang berjuang membangun negeri ini :) May Allah bless us..and protect us. Aamiin

1 comments:

  1. Nice post~ selamat yaa atas kelulusannya :D
    Memang sebenarnya kebijakan pendidikan itu sangat tergantung oleh pemerintahan negaranya (politiknya). Kalau pemerintahnya krg peduli pendidikan, ya udah...
    Btw yg ttg Papua itu kamu baca dmn de? Mau dong liat sumbernya :D
    SNMPTN itu sebenarnya penerimaan masuk kuliah, beda sama UN SMA. Tapi dua2nya pake sumber data yang sama.

    BalasHapus

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template