Senin, 09 Desember 2013

Contoh Pidato :)



Kali ini cuman mau nge share. Kebetulan UAS praktek disuruh  pidato temanya kemerdekaan, tapi sebagai Menteri Kesehatan, alhasil malem ini aku mencoba menggabungkan, mengaitkan 2 kata itu :) Semoga Membantu. Waktu yang dikasih hanya 3 menit, jadi dibuat singkat saja yang penting alurnya lurus.:) have enjoyed.


 Tugas : Teks UAS berpidato
Ø  Tema : Hari Kemerdekaan RI
Ø  Sebagai : Menteri Kesehatan RI 2011/2012
Ø  Judul : Hari Kemerdekaan, “Menuju Indonesia Sehat”
Ø  Nama : Khairunnisa Azzahra 9B

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum wr.wb.  Salam dan damai sejahtera bagi kita semua.
Yang saya hormati, Bapak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu. Para menteri dan anggota kabinet Indonesia bersatu ke-2.
Yang saya Hormati,  Bapak Taufik Kiemas. ketua MPR RI beserta para pimpinan lembaga-lembaga negara dan segenap anggota MPR RI, DPR RI, dan DPD RI.
Yang saya hormati Bapak Tri Sutrisno, Bapak Hamzah Haz, Bapak Muhammad Yusuf Kala. Beserta tokoh-tokoh nasional, para pimpinan partai-partai politik, para gubernur hadirin sekalian yang saya muliakan.
         Marilah, sekali lagi pada kesempatan yang amat bersejarah ini kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT.  Karena kepada kita masih diberikan kesempatan, kekuatan, dan semoga kesehatan untuk melanjutkan pembangunan bangsa berdasarkan pancasila.
        Hadirin yang saya muliakan,  pada momen Hari Kemerdekaan RI yang ke-66  pada tahun 2011 ini saya selaku Menteri Kesehatan RI akan menyampaikan pidato dengan judul “Menuju Indonesia Sehat”. Tema yang inspiratif ini dipilih untuk menggerakkan segenap komponen bangsa guna mencapai Hidup Sehat.
          Pertama-tama, Penghargaan dan terimakasih yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada segenap petugas kesehatan di seluruh indonesia atas pengabdian saudra-saudara kepada bangsa, negara, dan kemanusiaan. Selama setahun saya berkeliling tanah air, saya melihat semangat  saudara-saudara, berbagai inovasi dan terobosan saudara laksanakan demi  meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia.
             Hadirin yang berbahagia, bicara tentang masalah kesehatan, kita semua tentunya dapat merasakan bahwa kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Mungkin tidak ada salahnya jika saya mengutip beberapa bait lirik Mars Hidup Sehat karya Sartono berikut ini :

“Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat,
sehat jiwani sehat jasmani kunci hidup bahagia
Meski kaya terhormat mulia tapi pasti menderita,
jika penyakit musuh utama, selalu menggoda”.

        Makna yang terkandung dalam lagu tersebut memang sangat dalam. Kesehatan memang merupakan hal yang sangat mahal harganya dan tidak hanya sekedar sehat bebas dari penyakit secara fisik, namun kesehatan merupakan kondisi sejahtera jasmani, rohani serta sosial dan ekonomi.
           Hadirin yang berbahagia, aset yang paling berharga bagi suatu negara adalah warga negaranya yang sehat dan Kesehatan pada dasarnya merupakan hak setiap warga negara baik itu kaya maupun miskin. Hal ini tertuang dalam UUD 1945 Pasal 28 (1) yaitu : Setiap Orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Sehingga berdasarkan pasal tersebut maka secara normatif negara mempunyai kewajiban untuk menjamin kesehatan warga negaranya. Jika melihat kondisi pembangunan kesehatan Indonesia yang ada saat ini, kita bersama tentunya sudah bisa melihat berbagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang telah dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan bagi rakyat Indonesia. Hingga saat ini sudah terdapat sebanyak 2.186 Rumah Sakit, 9.599 Puskesmas, 23.225 Puskesmas Pembantu,54.708 Poskesdes dan 276.688 Posyandu yang tersebar sampai ke pelosok Tanah Air.
         Hadirin yang saya muliakan, berbagai upaya besar tengah kita laksanakan saat ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Antara lain dengan mencapai sasaran-sasaran : Eradikasi Polio, Eliminasi Malaria, Eliminasi Kusta, Penanggulangan HIV-AIDS, dan Meningkatkan status gizi. Kita bertekad untuk sungguh – sungguh mencapai sasaran-sasaran ini tepat waktu, bahkan jika mungkin lebih cepat.
Hadirin sekalian,
                Mari kita jadikan Momentum Hari Kemerdekaan RI 2011 untuk melakukan refleksi tentang apa yang dapat kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan untuk bangsa tercinta. Kita masih harus bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas untuk mencapai sasaran-sasaran pembangunan kesehatan dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif.
               Prilaku hidup bersih dan sehat harus kita masyarakatkan agar benar-benar menjadi budaya bangsa Indonesia.  Jika seluruh lapisan masyarakat telah mampu hidup sehat secara mandiri maka akan dapat meningkatkan kemajuan dalam berbagai aspek seperti meningkatnya produktivitas kerja dan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas. Itulah harapan sederhana saya tentang kesehatan di Indonesia agar kita dapat mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang seutuhnya.
                 Akhir kata, saudara-saudaraku sekalian, mari kita rapatkan barisan, bahu membahu, untuk mengantar bangsa Indonesia melalui jembatan emas Pembangunan Kesehatan menuju masyarakat yang sehat sejahtera. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberkati upaya kita semua.
Demikian Pidato yang Bisa saya sampaikan, Terimakasih atas perhatiannya, Selamat berjuang! Merdeka!
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template