Senin, 28 Oktober 2013

Tugas Pidato Bahasa Indonesia



TUGAS PIDATO BAHASA INDONESIA
Karya : Khairunnisa Azzahra 9B

Ø  Tema : Peringatan Hari Guru ( 25 November )
Ø  Judul : Karena Guru itu Mulia  

                Bismillahirrahmanirrohim
                Assalamu’alaikum wr.wb
Yang kami hormati bapak kepala sekolah.  Bapak Susilo Edy
Yang Kami hormati ibu wali kelas 9b. Ibu Ridha Muslimah
Yang kami hormati pula bapak dan ibu dewan guru kami.             
Juga teman-teman semua yang in sha Allah dirahmati oleh Allah S.W.T

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul bersama di tempat ini, ber-muwajahah di tempat ini, khususnya dalam rangka memperingati hari guru nasional dan HUT PGRI yang ke-68. Tidak lupa juga, shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada sahabat-sahabatnya, juga kepada para tabi’it dan tabi’atnya, dan kepada kita semuanya selaku umatnya yang semoga tetap istiqomah dalam adinul islam sampai akhir khayat nanti. Aamiin.

Hadirin yang saya muliakan,  pada momen hari guru ini saya selaku wakil ketua best , akan menyampaikan pidato tentang jasa para guru, karena jasa-jasanya lah guru itu mulia. Guru bak pelita kehidupan. Menerangi kita dengan cahaya ilmu pengetahuan. Dan menghiasai kita dengan tata krama, sikap santun, dan sopan. Itu harapannya, agar muridnya sukses dikemudian hari.
Guru bukan untuk disakiti, dibenci, atau dicueki. Guru harus disayangi, terlebih harus dihormati. Karena guru itu mulia. Dari mata seorang guru, dan dari hati sanubarinya yang terdalam, ia hanya ingin melekatkan kata disiplin kepada muridnya. Sehingga tersokong jalan menuju sukses.

Hari ini, tanggal 25 November 2013. Enam puluh delapan tahun  lalu. Tepatnya, 25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 – 25 November 1945 di Surakarta. Melalaui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan.  Mereka adalah – guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan  Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejak Kongres Guru Indonesia itulah, semua guru Indonesia menyatakan dirinya bersatu di dalam wadah  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Itulah sejarah singkat, didirikannya PGRI. 68 tahun sudah, guru-guru di seluruh pelosok negeri mengabdi demi mencerdaskan anak bangsa, memerdekakan dari kebodohan. Bahkan rela tanpa imbalan, tanpa pujian, tanpa tanda jasa. Karena guru itu mulia. Sudah selayaknya kita hormati, kita doakan setulus hati, dan semoga kelak kita dapat seperti mereka, tentu akan menjadi sebuah cita-cita yang mulia.
Guru telah mendekatkan sesuatu yang jauh dan bisa membuka pintu yang tertutup                                                            Saidina Ali Radliallohu Anhu, mengatakan; “Saya menjadi hamba sahaya orang yang telah mengajariku satu huruf.”   Hadirin Sekalian!  Yang mengajari satu huruf saja harus kita hormati, apalagi yang mengajari banyak huruf. Jadi jelaslah sudah begitu penting dan mulia kedudukan seorang guru dalam kehidupan kita. Guru adalah pewaris ilmu para Rasul. Dan Rasululloh adalah sebaik-baik guru bagi umat manusia.                                                                                                                                                                     

Demikian pidato ini saya sampaikan semoga bermanfaat bagi para hadirin sekalian. Terima Kasih atas Perhatiannya
Wassalamualaikum Wr. Wb


Ø  Hal-Hal Penting :
a)      Guru bukan untuk disakiti, dibenci, atau dicueki. Karena guru itu mulia. Guru harus disayangi, terlebih harus dihormati.
b)     25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Melalui Kongres Guru Indonesia 24 – 25 November 1945. Terbentuklah PGRI.
c)      Genap sudah 68 tahun para guru di seluruh Indonesia, tersebar di seluruh pelosok negeri, mengabdi dengen tulus demi mencerdaskan anak bangsa.
Sudah begitu penting dan mulia kedudukan seorang guru dalam kehidupan kita. Guru adalah pewaris ilmu para Rasul. Dan Rasululloh adalah sebaik-baik guru bagi umat manusia.                                                                                                       

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template