Senin, 14 Januari 2013

Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?


SUMBER

Banyak adik-adik Pramuka yang bertanya, “Kak, kenapa seragam Pramuka itu cokelat? Tidak merah jambu atau biru?”. Kemudian saya tertawa dalam hati, dan menganggap pertanyaan ini adalah tantangan, mengingat ini adalah hal sepele tapi penting.
Kekhawatiran akan pertanyaan ini tidak pernah terlintas dalam pikiranku, tetapi inilah kenyataan, bahwa banyak Pramuka yang sebenarnya tidak mengetahui apa yang dipakainya, atau bahkan semua hal tentang Pramuka? Ini adalah sebuah kemunduran.
“Warna Pakaian Seragam Pramuka adalah warna coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949) antara lain warna coklat, hijau, dan wulung. Dari ketiga warna tersebut dipilih warna yang dapat diserasikan dengan warna bendera kebangsaan Merah Putih, yang dipakai untuk setangan leher dan pita leher pramuka.” (Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 226 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka)
Sekarang, sudah menjadi kewajiban bagi setiap Pembina untuk mengantarkan adik didiknya agar supaya mengenal Pramuka bukan dari kulit terluarnya saja, tetapi secara komprehensif. Jika kita perhatikan, bahwa sistem Pendidikan Kepramukaan kita menggunakan kiasan-kiasan dalam penyelenggaraannya, tetapi essensi kiasan dari seragam, tanda pengenal, TKU, TKK seyogyanya harus dapat dijelaskan secara lebih mendalam dalam rangka mempersiapkan tunas bangsa.
Jelaslah, bahwa warna cokelat lekat nian dengan perjuangan Indonesia dalam Perang Kemerdekaan ’45, serta warna inilah yang cocok dipadukan dengan setangan atau pita leher merah putih, warna bendera negara kita.
by:adjie

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template