Rabu, 09 Januari 2013

10 tips menjadi pribadi yang baik sekaligus disegani

SURABAYA(suarakawan.com) – Menjadi sosok yang selalu dinantikan banyak orang pasti sangat menyenangkan. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sangat membutuhkan kerjasama dan interaksi yang baik. Nah, untuk itu buktikanlah jika Anda sangat berperan di sekeliling Anda. Tapi bukan berarti Anda harus sombong. Ada beberapa tips agar Anda selalu disegani orang – orang disekitar Anda, sebagai berikut

1. TAULADAN
Bertindak lebih baik daripada berbicara. Agar kata-kata Anda menjadi suatu alternatif pertimbangan bagi orang lain, maka berikan TAULADAN pada setiap kegiatan Anda sehari-hari.

2. LUPAKAN KEBURUKANNYA
Tak jarang dalam bekerjasama dengan orang lain terdapat kendala. Salah satunya yaitu kesalahan individu yang berdampak pada suatu kegiatan. Janganlah merendahkan dirinya, lupakan kesalahannya. Beri kesempatan kepadanya untuk memperbaiki kesalahan. Jika dia mengalami kesulitan, sebaiknya bicarakan dan diskusikan bersama.

3. LEMAH LEMBUT
Bertutur kata lemah lembut maksudnya adalah sopan, tidak berlebihan dalam segala hal, dan tegas. Tapi tetap menjadi diri sendiri yang lebih baik.

4. PANGGILAN TERBAIK
Panggilah nama teman Anda dengan panggilan yang ia sukai. Hal itu akan mempererat kekerabatan dan dalam menjalani aktivitas pun akan menjadi mudah karena menyenangkan bisa bersama Anda yang bisa menghargai orang.

5. TERSENYUM
Senyum itu ibadah. Tersenyumlah saat Anda memberikan argumen, mengkritik, dan dalam keadaan marah pun. Ini membuat orang senang terlebih dahulu saat berbicara dengan Anda.

6. PENAMPILAN BAIK
Disini Anda harus menjadi sosok yang menjaga kebersihan pribadi, khususnya berpenampilan. Semua bagian tubuh Anda perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memberi kesegaran orang dalam menjalankan aktivitas bersama Anda.

7. SALAM dan JABAT TANGAN
Jangan lupa saat pergi dari lingkungan Anda, berilah sekedar salam pamit, seperti sampai jumpa, selamat malam, dsb. Dan lebih akan baik lagi berjabat tangan dengan rekan Anda.

8. PENDENGAR YANG BAIK
Saat orang lain berbicara, jangan menyela terlebih dahulu. Kebiasaan anak muda sekarang ini yaitu memberi komentar orang disela-sela ia berbicara. Jadilah pendengar yang baik! Tunggu orang lain selesai berbicara , baru berkomentar. Lebih-lebih jika Anda dapat memberikan komentar atau kritik yang membangun.

9. MEMBERI HADIAH
Salah satu bentuk penghargaan dan kasih sayang yaitu sebuah hadiah. Berilah hadiah kepada orang lain karena alasan yang logis.

10.MEMBERI BANTUAN
Berilah bantuan kepada orang disekelilingmu yang membutuhkan. Karena memberi bantuan membuat Anda dikenang akan kebaikannya. Dan suatu saat bila Anda mengalami kesulitan, maka Anda akan banyak dibantu oleh orang lain.

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template