Senin, 03 Desember 2012

Mau Tahu Minuman Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara?

Mau Tahu Minuman Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara?




Bulan Desember segera tiba, tandanya musim dingin pun sudah mulai menyapa sebagian warga diseluruh dunia. Biasanya, udara yang dingin membuat orang ingin menikmati sesuatu yang hangat seperti makanan dan minuman. Berikut beberapa minuman berbeda yang dinikmati oleh orang-orang dibelahan bumi yang berbeda:
Canelazo, Peru
Walaupun didominasi oleh udara hangat, namun ada beberapa minggu di Peru dimana udara dingin menyapa pada malam hari. Minuman berupa campuran rasa khas dari kayu manis dan jeruk citrus ini merupakan minuman penduduk kota Colombia, Peru untuk mengusir rasa dingin. Canelazao merupakan air yang direbus gula panella dan dicampur dengan kayu manis dan cengkeh. Terkadang minuman ini pun ditambahkan buah naranjilla yang mempunyai rasa seperti nanas dan mint.
Ponche, Meksiko
Waktu yang paling pas untuk menikmati minuman ini adalah saat Natal tiba, dimana saat seluruh keluarga berkumpul bersama setelah makan malam. Ponche terbuat dari sedikit rum, buah-buahan segar, kenari, kismis, gula piloncillo, dan buah khas Meksiko, tejocote. Minuman fruit punch ini direbus bersama selama setengah jam dan disajikan hangat dalam panci besar.
Colada, Ekuador
Colada yang satu ini bukan colada yang dijadiakn minuman alkohol. Colada ini terbuat dari gandum kering yang direndam selama 10 menit, dan direbus bersama buah-buahan, dicampur gula dan sedikit garam, lalu diblender dan disaring sebelum disajikan. Colada biasanya di minum saat sarapan pagi.
Cokelat Panas, Swiss
Swiss, negara yang sebagian wilayah masuk kedalam pegunungan Alpen ini memang selalu berudara dingin ini menyebabkan penduduknya mempunyai minuman yang dapat membuat tubuh mereka hangat. Swiss yang juga terkenal dengan cokelatnya yang mempunyai kualitas terbaik didunia ini pun membuat minuman berbahan dasar cokelat yang sangat nikmat. Minuman berupa cokelat yang dicairkan dan dicampur air atau susu ini sudah sangat terkenal dan dijadikan minuman khas musim dingin oleh banyak orang didunia.
Kuzuyu, Jepang
Negeri yang terkenal dengan sushi nya ini mempunyai minuman musim dingin yang khas, yaitu Kuzuyu. Kuzuyu adalah minuman yang hangat, manis, dan kental yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Minuman hangat ini terbuat dari campuran madu dan bubuk kudzu, tanaman yang biasa digunakan untuk campuran dalam teh dan minuman herbal lainnya. Minuman ini dapat ditemukan dalam beberapa varian rasa seperti jahe, teh hijau, dan gula hitam.
Sungnyung, Korea
Teh tradisional Korea ini telah sangat lama akrab di lidah masyarakat Korea. Teh yang juga dikenal dengan nama teh beras ini terbuat dari kerak nasi! Kerak nasi yang telah gosong ini ditambahkan air dan diminum. Orang Korea meminum sungnyung sebagai sajian penutup makan dan juga disajikan saat upacara penghormatan arwah leluhur sebagai sajian penutup.
Bandrek, Indonesia
Negara kita sendiri juga punya minuman hangat yang khas. Walaupun udara di Indonesia cenderung panas, namun pada daerah dataran tinggi, suhu udara disana bisa sangat dingin dan membuat para penduduknya membuat suatu minuman hangat. Salah satunya adalah bandrek, minuman khas dari Jawa Barat yang kini biasa dinikmati oleh orang banyak. Bandrek terbuat dari jahe dan gula merah, dan dicampur dengan rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh, seperti serai, merica, kayu manis, pandan, telur ayam kampung. Bandrek juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.
Gimana Dreamers, sudah siap untuk menghadapi udara dingin dengan mencoba minuman minuman ini?

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template