Senin, 03 Desember 2012

Kiat Menghafal al-Qur'an 'Metode Gaza'

 
 
 
 
Kota Gaza. Siapa yang tidak kenal dengan kota kecil yang merupakan salah satu bagian dari negara terjajah, Palestina? Beberapa waktu lalu kota ini diserang oleh Zionis La'natullah alaihim karena dibenci dan membahayakan negara Zionis tersebut. Tapi apa daya, sekuat apapun segala peralatan canggih yang dimiliki Zionis itu apabila harus berhadapan dengan kekuatan 'Sang Maha Pencipta' yang turun di bumi Gaza.
Lalu, apa sih kekuatan Gaza sehingga semakin menjadi buah bibir para aktifitas Islam, aktifitas kemanusiaan dan aktifitas kehidupan? Apalagi jika dikaitkan sisi lain, yakni kekuatan menghafal al-Qur'an yang membudaya di sana.


Eksistensi Kekuasaan Hamas Sebagai representasi Kekuatan Islam:
Gaza memang dipimpin oleh pemerintahan Hamas yang merupakan representasi kekuatan Islam yang rakyatnya cinta kepada Islam dan ajarannya. Dengan hanya berpopulasi 1,7 juta jiwa, Gaza dan rakyatnya semakin kuat dan tidak mudah menderita. Apatah lagi frustasi menghadapi segala macam ujian yang dilaluinya. Upaya demi upaya penghancuran dan pemusnahan yang dilakukan oleh kaum Zionis terhadap kota Gaza telah membuat rakyat Gaza semakin kuat, dekat Tuhannya dan al-Qur'an. Inilah kekuatan inti warga Gaza.
Kiat Menghafal Metode 'Gaza':
Kita mafhum, bahwa al-Qur'an harus menjadi pendorong paling kuat dalam menghadapi hidup ini. Karena mengandung firman-firman Allah yang menguatkan jiwa dan mental seorang muslim. Setiap muslim. Baik yang hidup dalam kondisi normal, maupun kondisi tidak normal seperti halnya di Gaza pasti membutuhkan interaksi yang rutin dan kuat setiap harinya.
Generasi Gaza sudah membuktikannya. Mereka -baik yang anak-anak, remaja, dewasa, tua, kaum perempuan ataupun kaum laki-lakinya- berusaha untuk senantiasa dekat kitabullah. Bahkan disebutkan bahwa puluhan ribuan sudah Gaza mencetak para penghafal al-Qur'an. Terlebih ketika harus berjihad menghadapi serangan kaum Zionis. Pasti al-Qur'an selalu bersama mereka. Bahkan porsi waktu yang mereka berikan terhadap al-Qur'an lebih banyak lagi.
Disebutkan bahwa salah satu kiat warga Gaza dalam menghafal al-Qur'an di tengah desingan peluru, dentuman bom dan pekakan pesawat tempur adalah sebagai berikut:
  1. Menghafal untuk mengharapkan ridho dan jannah-Nya (surga Allah swt) sebagai niat.
  2. Menghafal di setiap waktu. Entah itu di masjid, di rumah, di jalan ataupun di tempat-tempat wisata yang ada.
  3. Menghafal dengan pemahaman bahwa suatu saat bisa saja kematian datang, karena jihad kapan saja bisa memanggil.
  4. Menghafal dengan cara langsung mengamalkan isinya. Karena jihad sebagai medan aplikasi terhadap apa yang tengah mereka baca teorinya di dalam kitab suci al-Qur'an.
  5. Menghafal secara bersama-sama. Bahkan menjadikannya sebagai fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan). Mereka tahu bahwa kalau memang saatnya tiba Allah memanggil maka mereka sudah siap dengan bekal keimanan, ketakwaan dan al-Qur'an. Sudah barang tentu pahalanya begitu besar di sisi Allah jalla wa'alaa.
  6. Tahfiz Qur'an (menghafal al-Qur'an) menjadi tradisi masyarakat Gaza. Karena itu, disebutkan dalam banyak referensi bahwa semua tentara Hamas (yang nota bene adalah gerakan penyelamat Gaza dari penjajah Israel) adalah para penghafal al-Qur'an. Selain juga mengamalkan semua ajaran pokok Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka layaknya pejuang Islam.
  7. Menjadikan bekal hafalan al-Qur'an sebagai sarana meraih mati syahid di jalan Allah swt. Oh, betapa indahnya karunia tertinggi itu apabila salah seorang dari mereka memperolehnya. Karena itu mereka selalu berlomba-lomba untuk menjadi salah satunya.
  8. Menjadikan al-Qur'an sebagai pegangan yang akan memacu semangat mereka berbuat ketaatan kepada Allah swt.
  9. Menjadikan jihad sebagai pendorong menghafal al-Qur'an dengan sangat cepat. Oleh karena itu tidak heran apabila di antara mereka yang bisa menghafal dalam waktu singkat. Konon, ada yang bisa hafaln dalam 2 bulan saja. Subhanalloh.
  10. Menghafal al-Qur'an untuk mengundang pertolongan Allah dalam waktu yang segera, seperti nashrullah (pertolongan Allah) yang turun kepada para mujahidin.
  11. Menghafal al-Qur'an sambil mengamalkannya langsung. Dan inilah cara terbaik dan utama. Lantaran al-Qur'an memang dipelajari untuk diamalkan. Dan sebagian rakyat Gaza telah melakukannya dan membuktikannya kepada kita.
  12. Menghafal al-Qur'an untuk meninggikan kalimah Allah, mensyiarkan tradisi generasi para sahabat dan menggetarkan musuh-musuh Allah.
  13. Menghafal al-Qur'an untuk membantu menjauhkan diri dari segala dosa dan maksiat.
  14. Menghafal al-Qur'an sebagai amal kebanggaan yang kelak akan dipersembahkan kepada Allah, Pemilik al-Qur'an ini.
Dan mungkin, masih banyak sederet metode menghafal al-Qur'an yang dilakukan oleh penduduk Gaza, yang intinya adalah menghafal al-Qur'an untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan alhamdulillah, Metode yang digunakan oleh Lbbq Sohibul Qur'an merupakan bagian dari metode Gaza dengan sedikit perubahan dan pengembangan serta pelibatan semua panca indera kita.  

Adakah kita mau meneladani mereka?
Mari kita tanyakan kepada diri kita masing-masing...
Wallahu A'lam Bish-Showab.
(referensi: dari berbagai sumber)

1 comments:

  1. mau private alqur'an khusus dewasa. 8x pertemuan bisa baca alquran dari NOL dan anti LUPA. sudah dicoba. khusus Yogyakarta
    http://bimbelhasanahjogja.blogspot.com/

    BalasHapus

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template