Selasa, 31 Juli 2012

Paper Quilling ? sebuah inovasi :)

 


             Aku baru tau, kalau ternyata...paper quilling itu bagus banget. unik ^^ 
                                               ayooo dicoba!
                           walau keliatannya agak rumit ya, hahhaa

Ada yang tau ga apa itu Paper Quilling??? ada loh, mahasiswa yang awalnya bikin ini cuman untuk kuliah, dan akhirnya bisa ngimpor hasil karyannya ke luar negri. melaluin dosennya.. waa lumayan, tapi.. bukan berarti buat kayak ginian gampang.

Paper Quilling adalah seni menggulung kertas yang telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dengan nama paper filigree atau roll work. Pada saat itu, khususnya di Perancis dan Italia, seni ini banyak digunakan oleh biarawan untuk menghiasi ornamen² yang sifatnya religius.

Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. Putri tsb rajin memberi hadiah kepada teman²nya berupa benda² yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan.
Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.
Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling.  Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yg indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.

Dari lembaran-lembaran kertas kecil panjang dengan lebar 3mm, 6mm ato 9 mm kamu bisa bikin bermacam-macam bentuk. Lucu-lucu lho….. ^_^ Cara ngebikin paper quilling gampang2 susah, cuma musti telaten aja. Yuks….mari qt belajar teknik dasarNa dulu.

>> Siapkan alat2 dan bahanNa
Alat  :
1. Gunting

2. Cutter

3. Penggaris

4. Cutting Mat (Ne alas buat motongin kertas A4 warna kalo ndak punya kertas quilling yg udah potongan ato gk punya mini paper shredder)

5. Mini Paper Shredder (alat pemotong kertas hargaNa lmyn mahal lok gk salah sktr 150rb an)

6. Quilling Tool Neddle (ne alat bantu buat ngegulung kertas)

7. Lem

Bahan :
1. Kertas Quilling (dalam bentuk potongan kecil2, tidak perlu motong2 lagi)

atau bisa memakai :
2. Kertas Spectra A4 (musti d potong dulu pake cutting mat + cutter + penggaris/ mini paper shredder)

>> Pelajaran pertama, yang musti kamu lakuin adalah menggulung kertas (ya iya lahhh.. ^_^”) Gulung kertas menjadi bulatan, lalu lepaskan gulungan dan biarkan mengembang, lalu beri lem pada ujungNa. Jadi deh….bentuk dasar paper quilling yg berupa lingkaran, gampang kan??? ^_^
>> Pelajaran kedua, bikin bentuk2 dasar. CaraNa sama dengan langkah pertama tadi, cuma setelah itu lalu d bentuk menjadi tight coil, closed coil, teardrop, petal, marquise, shaped, half moon, triangle, dll dengan cara dijepit dengan tangan sehingga membentuk pola sesuai keinginan kita.
Kyk gne  ne gambarNa:

>> Pelajaran ketiga, lok km dah bisa bikin bentuk2 dasar kyk di atas, skrng tinggal kamu gabungin bentuk2 dasar itu menjadi sebuah bentuk yang utuh seperti: bunga, kupu2, boneka, dll. PokokNa lucu2 deh ^_^ :

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template