Senin, 21 Mei 2012

Hukum Bermain Gitar HARAM??


 bagi yang suka main gitar sama kayak ku ni, tapi orang tua tak mendukung karena soal agama. karena menurut islam katanya main gitar dan seruling itu haram hukumnya?aku juga blum menemukan hadist yang soheh.

tapi tak rela rasanya, kalau dicap begitu saja bahwa gitar haram hukumnya, makannya aku terus mencari cari apakah benar haram? akhirnya begitu banyak pendapat'' yang ku baca. tapi dari smua pendapat akhirnya ku bisa simpulkan,  pada intinya. kalau bermain GITAR tidak melalaikan kita pada tugas'' Allah termasuk sholat 5 waktu. dan tidak menuju kearah maksiat  HANYA  untuk menghibur diri sendiri. maka main GITAR diperbolehkan.

 di bawah ini, ada pendapat dari salah satu blog yang ku temukan. smoga bisa memperjelas :


 copas dari blog orang:

Pagi tadi aku baca komen dari saudara bebudak dari post aku bertajuk Hobi Lama Kembali Menyengat. Begini bunyinya:
mu cite main gitar lak….aku baca byk dlm ni psl haram n halal…sah…..mu x tau ke alat muzik bertali tu hukumnya ape…?
             Begini saudara bebudak. Sebenarnya aku dah banyak cari maklumat pasal hukum main gitar ni. Aku minat gitar sejak dari kecik lagi. Tapi parents aku tak bagi aku main gitar atau bawak balik gitar ke rumah, sebab katanya haram hukumnya bermain gitar. Tetapi oleh kerana aku ni minat sangat nak main gitar, aku pun cari pasal hukum main gitar. Tapi aku tak jumpa sumber yang soheh mengatakan hukum bermain gitar itu haram. Sampailah satu ketika aku tengok Al-Kuliyyah TV3 yang membincangkan tentang alat muzik. Masa tu aku tengok ngan mak aku.

        Tiba di part gitar. kata pengerusi al-kuliyyah (tak ingat nama tapi beliau seorang hafiz al-Quran), main gitar itu hukumnya harus. Aku pun dengan nada terkejut sampai terbeliak biji mata kegirangan, terus tanya mak aku di sebelah (sebab aku nakkan kepastian). Mak aku pun pelik, sebab selama ni yang dia tahu hukum bermain gitar itu haram.

        Aku pun terus call al-kuliyyah (kebetulan dia buka talian untuk sebarang kemusykilan), tapi tak dapat, sampai habis siaran. Aku pun tanya lagi mak aku, dia diam.
Alternatifnya, aku pun (dek kerana minat sangat ngan gitar) call pejabat agama negeri Pahang (sebab masa tu aku dok kat Kuantan) bertanyakan hal ni.

        Dari situ saya bincang dengan seorang ustaz. Panjanglah perbincangan dengannya melalui telefon.
Dari perbincangan tersebut, dapat disimpulkan bahawa hukum bermain gitar itu adalah harus. Namun, akan jatuh haram apabila ianya melekakan daripada mengingati Tuhan, lagha, mencetus maksiat, dan sebagainya.
Kemudian, aku dapat peluang melanjutkan pengajian di IPT. Aku tanya ustaz aku masa aku belajar di Kota Bharu. Hukumnya sama, harus. Katanya, kalau main gitar tu untuk tujuan yang menuju ke arah maksiat, haram hukumnya. Tapi katanya lagi, kalau kita main gitar untuk kita sendiri, sebagai hiburan untuk kita, dan tidak melekakan, harus hukumnya.

           Namun begitu, ramai yang mengatakan, kalau terdapat banyak pendapat, sehingga jatuh syubhah, lebih baik ditinggalkan. Aku pun akur dengan penyataan tersebut.
Tapi terpulanglah kepada masing-masing. Aku minat bermain gitar, aku suka bermain gitar. Aku main gitar untuk diri aku sendiri. Aku main perlahan-lahan, tidak mengganggu sesiapa sama ada isteri, jiran-jiran mahupun masyarakat. Aku tidak leka dan tidak lagha dalam bermain gitar. Aku rasa aku sentiasa dapat bahagi masa antara tanggungjawab dan hiburan. Isnya-Allah aku akan sentiasa menjaga masa aku dengan baik.
                                                                          -selesai-

kalau pangalamanku sendiri, sampai detik ini aku blm berhasil beli gitar.
Ya karena gak dikasih sama abiku, bukan gak dikasih sih sbenarnya.. tapi aku gak berani ngomongnya. abisan orangnya agamais banget, maksudnya taat banget.
Kalau sama ummi boleh, tapi tetep aja. gak berani sama abi(ayah).
jadi sebaiknya kalau sama orangtuanya gak boleh, ya.. kamu harus pinter2 ngerayu dan buktiin kalau kamu punya gitar, nilai2 kamu tetep bagus, gak kelayapan, gak lupa sama kewajiban.

Temen''ku sendiri bebrapa orang udah punya dan bisa main gitar, mulai kakak alumni, ade dan kakak kelas.
itu tambah buat aku kepengen T_T
akhirnya aku kerumah ade kelas untuk bljr gitar, dan itu hanya 1 kali. gara2 sibuk, emang lebih enak punya sendiri. biar bisa belajar autodidak.
 

Aku sangat amat menyukai musik,
ibarat tanpa musik dunia pasti hampa.
aku adalah pecinta sluruh hal yang berhubungan dengan musik.

Tapi tetap,
Sebaik-baik lirik itu adalah al-Quran.
Seindah-indah lantunan itu adalah murottal.
Dan disempurnakan dengan mengamalkannya.
Ada yang mengatakan bahwa musik itu haram, makruh, dan mubah. Tapi menurut saya tidak mutlak, bergantung pada diri kita. Mubah, jika hanya sekedar suka saja, tidak lebih. Haram, jika ternyata musik menutupi mata hati kita kepada Allah, lupa membaca al-Quran.

So, dapat ditarik garis merahnya bahwaaa .. :

Bukan gitarnya yang haram, tapi perbuatan yang bisa melalaikan disebabkan gitar.
Contoh: gara-gara main gitar jadi lupa waktu, jadi lupa sholat, lupa kewajiban yang lain dst.
Kira-kira sama kaya main Y/A, Facebook, Twitter dll. Kalo udah lupa waktu dan melalaikan bisa bikin dosa, karena melupakan kewajiban yang lain.
Jadi bukan gitar ato Facebooknya yang salah, tapi penggunanya sendiri.

Jadi lagi, Gitar itu gak haram. kecuali gitar atau musik menutup mata hati kita untuk beribadah kepada AllahS.W.T  :)
Musik itu memang sifatnya melenakan.
Tapi main alat musik gak dosa kok :D asal....
Sholat 5 waktu gak ketinggalan,
Tilawahnya rutin,
Hafalan Qurannya nambah..
Makin sayang sama orangtua..
Banyak'' menolong orang..
Dan ibadah lainnya tetap rutin terjalankan dengan baik! ok :)



















0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template