Sabtu, 03 Maret 2012

SPEGI itu seru,asyik,Sehat pula! ^^

                    Assalamu'alaikum BM'ers.. pagi yang cerah, kalian tahu tidak? semenjak aku masuk SMP Baitul Maal.. aku menemukan hobby baru! itu loh..SPEGI.. ( Speda Pagi..) heheheh,, *keche kan singkatannya* padahal jadwalku lebih padat SMP daripada SD Bm Hobby ini muncul dari kesadaran diriku sendiri.. aku itu sering sakit-sakitan, dari kecil aku emang sering sakit sampe pernah operasi 2 kali.  waktu SD. aku memang jarang olahraga...aku hanya sering  duduk di depan komputer berjam-jam..^^'' jadi si suruh jalan dikit udah ngos-ngosan..padalah untuk menjadi akhwat itu harus tangguh!! harus kuat!! gak gampang sakit..nah, karena itulah.. mulai aku berpikir " apa aku harus melakukan suatu olahraga..hmm,, apa ya??" kebetulan itu hari minggu, aku mencoba untuk naik sepeda niatnya sih main2 aja.. tapi lama kelamaan aku ketagihan, karena naik sepeda pagi kan udaranya seger alias fresh banget. Jadi stresku gara2 pelajaran, masalah ini itu..lumayan hilang,,. karena otaku bisa berfikir bagaimana solusinya,, hm,, biasanya aku SPEGI sambil dengerin musik pake HP..jangan lupa senyum yaa.. karena itu kan juga olahraga. biar awet muda..wkwkkw..canda..

                      Selain SPEGI aku jadi banyak minum air putih dan mengurangi  makanan yang banyak pengawetnya.. alhamdulillah ya.. Allah menyadarkanku untuk menjaga kesehatan. nah, bagi temen2 yang sakit2an.. ayoo!! mulai sekarang kita harus bisa menjaga tubuh yang telah Allah titipkan pada kita.. Rutinlah olahraga.. jaga makanannya.. perbanyak minum air putih..:) abis olahraga itu rasanya fresh loh..:) Buktikan sendiri.. oh iya! sayangnya .. aku belum mendokumentasikan ketika berpose naik sepeda..:p

                      Awalnya aku melakukan SPEGI sendiri..:(  Palingan suka ketemu sama para persepeda yang udah senior..^^ tapi, lama kelamaan aku ngajakin temen yang rumahnya lumayan deket. ternyata dia mau.. yey,, namanya afifah, thanks afifah.. ^^ kalau masalah jarak, aku niatin tiap minggu untuk menambah jarak.. dengan cara melewati rumah temen2, guru2.. pokoknya yang kita kenal.. bisa juga kita ajak mereka.. kan tambah ramee tuh.. cita2 aku tentang SPEGI.. aku mau  buat group.. biar jadi remaja2 yang sehat!! huh serunyaa.. puncaknya..aku berencana.. naik sepeda di bunderan HI..
                       


All about SPEGI alias Speda pagi :

 > Manfaat Naik Sepeda pada Energi 5 Elemen:
Dari analisa energi 5 Elemen, naik sepeda menyehatkan 4 elemen, yaitu elemen keempat Udara, elemen ketiga Api, elemen kedua Air, dan elemen pertama Bumi. Indeks Manfaat secara keseluruhan mencapai +12 dengan bersepeda santai selama 15 menit. Indeks Manfaat pada elemen Udara = +3, pada elemen Api = +3, pada elemen Air = +3, dan pada elemen Bumi = +3.
Pada elemen Udara, jantung dan paru-paru akan bertambah sehat. Pada elemen Api, hati, arteri, dan vena akan bertambah sehat. Pada elemen Air, darah, ginjal, pankreas, dan otot juga akan bertambah sehat. Pada elemen Bumi, tangan, kaki, dan tulang akan bertambah sehat.


Membakar Kalori.
Seorang wanita yang berat tubuhnya sekitar 60 kg jika mengayuh dengan kecepatan 22 km/jam bisa membakar sekitar 488 kalori dalam waktu 60 menit.
Bisa Dilakukan Sambil Beraktivitas Lain
Jika tempat tinggal Anda berjarak 8 km dari kantor, dan Anda naik sepeda menuju kantor, setidaknya Anda sudah berolahraga selama 20 menit. Jika Anda tinggal dekat dengan kantor, Anda bisa mengayuh sepeda dua kali seminggu dan membakar sekitar 3.000 kalori ekstra dalam tubuh, sekitar setengah kilo dalam sebulan.


Membentuk Otot
Biasanya, para pengayuh sepeda memiliki kaki yang kencang. Bagian otot-otot kaki akan bekerja semua untuk membantu mengayuh.Selain kaki, tubuh bagian atas, karena menggenggam kuat besi pengendali juga akan terbentuk dengan sendirinya.

Mendorong Energi
Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Psychotherapy and Psychosomatics menemukan bahwa bersepeda menaikkan level energi sebanyak 20 persen dan mengurangi kelelahan hingga 65 persen. Mengapa? Karena bersepeda memicu otak untuk mengeluarkan neurotransmitter dopamine, yang berhubungan dengan energi. Tak perlu menggenjot sepeda dengan penuh tenaga. Para relawan yang mengayuh dengan kecepatan rendah tapi rutin (setidaknya 3 kali seminggu) bisa memerangi kelelahan.

Aman untuk Sendi
Bersepeda banyak menekan lutut, pergelangan kaki, dan tulang belakang ketimbang berjalan kaki atau bersepeda. Agar aman bersepeda, pastikan bahwa lutut Anda hanya tertekuk sedikit (sekitar 25 derajat) setiap kali mengayuh. Jika kaki terlalu lurus atau terlalu tertekuk, coba atur kembali letak tempat duduk Anda

 Setiap Otot Merasakan Manfaatnya
Coba cari bukit kecil yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk didaki dengan sepeda. Lewati bukit itu setidaknya 2-3 kali, dengan posisi kayuh sambil berdiri. Mengayuh dengan posisi berdiri akan melatih otot bagian tengah tubuh dan trisep.

Melindungi Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh wanita yang paling terutama. Dalam sebuah studi, para peneliti meminta 32 responden wanita untuk mengendarai sepeda setidaknya setengah jam sehari, tiga kali seminggu. Setelah setahun, diketahui bahwa tekanan darah para wanita ini menurun, begitu pula dengan angka kolesterol, dan secara signifikan meningkatkan kebugaran mereka. Carilah lokasi bersepeda yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit tanpa berhenti, sehingga Anda bisa mempertahankan kecepatan yang konsisten.



                    

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template