Jumat, 25 November 2011

memulai langkah kecil

       


               Banyak yang harus dituliskan dalam sebuah catatan kecil ini, sebuah untaian dari semua kejadian dan ungkapan dari sebuah perasaan gelisah juga perasaan suka gembira. Memulai setiap jengkal langkah yang tak begitu mudah dan berakhir dengan sebuah senyum kemenangan. Karena kehidupan sejatinya adalah cobaan bahkan sekedar untuk dinikmati.
Langkah pertama menjadi sangat berarti karena dengan berani melangkah sejatinya dia telah keluar dari satu fase pengekang yang tanpa ia sadari telah memasung setiap langkah dan ambisi yang sudah tercanang dalam jiwa dan alam pikirannya. Maka untuk keluar dari pasungan dan lingkaran hitam itu dibutuhkan sebuah langkah nyata, dan itulah yang disebut langkah pertama.
Mengawali sebuah langkah pertama tidaklah semudah yang difikirkan, butuh keberanian lebih untuk memulainya. Sebuah keberanian untuk mengambil resiko dan keberanian untuk sekedar mencoba sesuatu untuk mencapai impian dan ambisi. Karena hanya dengan keberanian langkah awal itu akan menjadi sebuah hasil yang sempurna.
Ada nilai bagus yang diselipkan atau malah sengaja ingin disampaikan dalam film yang baru semalem saya tonton, 3 idiots, begitu film itu diberi judul. Nilai yang aku maksud adalah jangan mencari kesuksesan tapi carilah kesempurnaan, karena dengan kesempurnaan kamu akan mencapai kesuksesan. Aku sangat setuju dengan itu. Karena hasil akan selalu berbanding lurus dengan usaha yang telah dilakukan, langsung maupun tidak langsung.
Jika nilai ini tertanam dalam diri, tidak mustahil hasil-hasil positif akan mengikuti langkah pertama, kedua dan selanjutnya. Mengapa demikian? Karena yang dikejar bukanlah sebuah kesuksesan instan, bukan sebuah proses alami untuk mencapai sebuah kesempurnaan. Kembali, karena kesempurnaan akan selalu menuntun kepada kesuksesan.
Lalu mengapa dengan usaha yang dirasa maksimal tapi hasil tidak maksimal?? Pertanyaan lama yang mungkin kita sendiri tau apa jawabannya. Usaha tidak melulu dengan belajar dari buku atau pun teori-teori, tapi lebih penting dari itu adalah menangkap setiap peluang dan mencari setiap makna yang terselip dalam sebuah kejadian atau teori yang ada kemudian mendefinisikan dengan definisi sederhana yang mudah dicerna oleh otak kita.
Seperti itulah definisi usaha maksimal. Usaha maksimal tidaklah belajar semalam suntuk dari teori dan buku-buku. Tapi mencerna dengan sederhana dan dengan cara yang efektif adalah cara menuju sebuah kesempurnaan yang sesungguhnya.

0 comments:

Poskan Komentar

 

Everything is Inspiring! Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template